- Berorientasi pada Perkembangan Anak
Dalam melakukan kegiatan, pendidik perlu
memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Anak
merupakan individu yang unik, maka perlu memperhatikan perbedaan secara
individual. Dengan demikian dalam kegiatan yang disiapkan perlu
memperhatikan cara belajar anak yang dimulai dari cara sederhana ke
rumit, konkrit ke abstrak, gerakan ke verbal, dan dari ke-aku-an ke rasa
sosial.
- Berorientasi pada Kebutuhan Anak
Kegiatan pembelajaran pada anak harus
senantiasa berorientasi kepada kebutuhan anak. Anak usia dini adalah
anak yang sedang membutuhkan upaya-upaya pendidikan untuk mencapai
optimalisasi semua aspek perkembangan baik perkembangan fisik maupun
psikis, yaitu intelektual, bahasa, motorik, dan sosio emosional.
- Bermain sambil Belajar atau Belajar Seraya Bermain
Bermain merupakan prinsip pembelajaran
di PAUD. Melalui bermain anak diajak untuk bereksplorasi untuk mengenal
lingkungan sekitar, menemukan dan memanfaatkan objek-objek yang dekat
dengan anak, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi anak. Ketika
bermain anak memperoleh pengalaman sehingga anak akan dapat membangun
pengertian/pemahaman tentang hal-hal yang dialaminya
- Berpusat pada anak
Pembelajaran di PAUD hendaknya
menempatkan anak sebagai subyek pendidikan. Oleh karena itu, semua
kegiatan pembelajran diarahkan atau berpusat pada anak. Dalam
pembelajaran berpusat pada anak, anak diberi kesempatan untuk menentukan
pilihan, mengemukakan pendapat dan aktif melakukan atau mengalami
sesndiri. Pendidik bertindak sebagai pembimbing atau fasilitator.
- Lingkungan yang kondusif
Lingkungan harus diciptakan sedemikian
rupa sehingga menarik dan menyenangkan dengan memperhatikan keamanan
serta kenyamanan yang dapat mendukung kegiatan bermain anak.
- Menggunakan pembelajaran terpadu
Pembelajaran pada pendidikan anak usia
dini menggunakan pembelajaran terpadu. Dimana setiap kegiatan
pembelajaran mencakup pengembangan seluruh aspek perkembangan anak. Hal
ini dilakukan karena antara satu aspek perkembangan dengan aspek
perkembangan lainnya saling terkait .Pembelajaran terpadu dilakukan
dengan menggunakan tema sebagai wahana untuk mengenalkan berbagai konsep
kepada anak secara utuh.
- Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
Proses pembelajaran
diarahkan untuk mengembangkan berbagai kecakapan hidup agar anak dapat
menolong diri sendiri, mandiri dan bertanggungjawab, memiliki disiplin
diri serta memperoleh keterampilan yang berguna bagi kelangsungan
hidupnya.
- Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar
Media dan sumber
pembelajaran memanfaatkan lingkungan sekitar , nara sumber dan
bahan-bahan yang sengaja disiapkan oleh pendidik /guru.
- Dilaksanakan secara bertahap dan berulang–ulang
Pembelajaran bagi anak
usia dini hendaknya dilakukan secara bertahap, dimulai dari konsep yang
sederhana dan dekat dengan anak. Untuk mencapai pemahaman konsep yang
optimal maka penyampaiannya dapat dilakukan secara berulang.
- Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan
Proses pembelajaran
yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan dapat dilakukan
oleh anak yang disiapkan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang
menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin tahu anak,
memotivasi anak untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru.
Pengelolaan pembelajaran hendaknya dilakukan secara demokratis,
mengingat anak merupakan subjek dalam proses pembelajaran.
Demikianlah artikel Pustaka sekolah, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.[ps]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar