- Meningkatkan kompetensi kompetensi masyarakat sekitar sesuai denngan bidangnya.
- Memelihara dan meningkatkan terjalinnya kekeluargaan dan kerjasama antara sesame warga masyarakat.
- Terwujudnya Pendidikan Parenting bagi warga wali Murid anak PAUD.
- HASIL YANG DIHARAPKAN
- Tersedianya bahan bacaan yang lengkap.
- Terwujudnya anak dam masyarakat yang berkarakter, berbudaya Indonesia
- Adanya kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh ilmu melalui membaca.
- Meletakkan keyakinan masyarakat pentingnya menuntut ilmu.
- Terlaksananya proses pembelajaran mandiri.
F. DATA PENGELOLA
No
|
Jabatan
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1
|
Pengelola TBM
|
-
|
1
|
1
|
2
|
Tenaga Administrasi
|
1
|
-
|
1
|
3
|
Tenaga pelayanan
|
1
|
-
|
1
|
4
|
Operator
|
1
|
-
|
1
|
5
|
Operator
|
1
|
-
|
1
|
|
Jumlah
|
4
|
1
|
5
|
Pasted
from <file:///D:\KERJAAN\TK\PROPOSAL%20TBM%201.docx>
G. SARANA DAN
PRASARANA TBM
No
|
Nama Bangunan
|
Jumlah
|
Kondisi
|
|
|
|
|
|
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
1
|
Ruang Utama
|
1
|
1
|
|
|
2
|
Ruang Media Elektronik
|
1
|
1
|
|
|
|
Jumlah
|
2
|
2
|
|
|
2. Kondisi Sarana, Alat / Media Belajar TBM
No
|
Nama Bangunan
|
Jumlah
|
Kondisi alat / Media
|
|
|
|
|
|
Baik
|
Rusak Ringan
|
Rusak Berat
|
1
|
Buku Bacaan Umum
|
1000
|
|
|
|
2
|
Media / Alat bermain
|
-
|
|
|
|
3
|
Alat olah raga
|
-
|
|
|
|
4
|
Mesin ketik
|
-
|
|
|
|
5
|
Mesin stensil
|
-
|
|
|
|
6
|
Mesin hitung
|
1
|
|
|
|
7
|
Komputer
|
1
|
|
|
|
8
|
Lemari
|
1
|
|
|
|
9
|
Rak Buku
|
2
|
|
|
|
10
|
Papan tulis
|
1
|
|
|
|
11
|
Meja / kursi
|
4
|
|
|
|
|
Jumlah
|
-
|
|
|
|
Pasted
from <file:///D:\KERJAAN\TK\PROPOSAL%20TBM%201.docx>
- ATJA. S, S.Pd.
- Buku yang Dimilki
H. Struktur Organisasi TBM Anugerah
Ketua : INSAF SETIA, S.Pd.
Tenaga Administrasi : IDA FITRIANA,
A.Ma.Pd.
Bendahara : SUTRISNO, S.Pd.
Kaur Pelayanan : 1. AGATHA VERA
Kaur Operasianal : SOPAN, A.Md. Com
Kaur Pemeliharaan : MUHAYANI
(terlampir)
E. Potensi Daerah
Potensi yang ada diwilayah Dwimulyo, yang
merupakan Kampung tempat keberadaan Taman Bacaan Masyarakat Anugerah ada
berbagai jenis, seperti perkebunan, area rawa ini merupakan are yang
berpotensi untuk dikembangkan dalam bidang persawahan maupun disektor perikanan,
dan sangat cocok sebagai daerah minapolitan.
Kekurangmampuan SDM myang ada sehingga sangat diperlukan
sumber-sumber pengetahuan dan informasi yang dapat langsung bersentuhan dengan
masyarakat yang diharapkan dapat langsung membawa dampak dan perubahan kearah
yang lebih baik.
Hadirnya Taman Bacaan masyarakat merupakan satu diantara solusi
bagi masyarakat untuk mengatasi hal tersebut diatas.
Pasted
from <file:///D:\KERJAAN\TK\PROPOSAL%20TBM%201.docx>
BAB II
RENCANA PENGGUNAAN DANA
- Rencana Kegiatan
PERENCANAAN KEGIATAN PENGGUNAAN DANA BANTUAN
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
KEGIATAN
|
VOL
|
SAT
|
H.SAT
|
JUMLAH
|
TOTAL
|
I
|
PENGADAAN BAHAN BACAAN
|
|
|
|
|
|
|
1.
Keagaamaan
|
50
|
eks
|
60.000
|
3.000.000
|
3.000.000
|
|
2.
Cerita Anak
|
50
|
eks
|
25.000
|
1.250.000
|
4.250.000
|
|
3. UKM
|
48
|
eks
|
35.000
|
1.680.000
|
5.930.000
|
|
4.
Perikanan, Pertanian
|
50
|
eks
|
32.000
|
1.600.000
|
7.530.000
|
|
5.
Pendidikan
|
50
|
eks
|
45.000
|
2.250.000
|
9.780.000
|
|
6.
Teknologi Tepat Guna
|
50
|
eks
|
36.000
|
1.800.000
|
11.580.000
|
|
7.
Tata Boga
|
43
|
eks
|
40.000
|
1.720.000
|
13.300.000
|
|
8.
Buku Kerja Anak
|
100
|
eks
|
17.000
|
1.700.000
|
15.000.000
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
PENGADAAN SARANA
|
|
|
|
|
|
|
1.
Pengadaan Komputer PC
|
1
|
unit
|
3.000.000
|
3.000.000
|
3.000.000
|
|
|
|
|
|
|
|
III
|
PEMBUDAYAAN KEGEMARAN
|
|
|
|
|
|
|
1.
Lomba Mewarnai PAUD
|
1
|
kali
|
2.000.000
|
2.000.000
|
2.000.000
|
|
2. Lomba Memasak Bapak dan Anak
|
1
|
kali
|
2.000.000
|
2.000.000
|
4.000.000
|
|
3.
Memancing sambil membaca
|
1
|
kali
|
2.500.000
|
2.500.000
|
6.500.000
|
|
4.
Menari tradisional anak
|
1
|
kali
|
1.000.000
|
1.000.000
|
7.500.000
|
|
|
|
|
|
|
|
IV
|
OPERASIONAL
|
|
|
|
|
|
|
1. ATK
|
1
|
tahun
|
3.000.000
|
3.000.000
|
3.000.000
|
|
2.
Perlatan Karya
|
|
|
|
|
|
|
(gambar,
keterampilan)
|
15
|
set
|
1.500.000
|
1.500.000
|
4.500.000
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
|
|
|
30.000.000
|
Pasted
from <file:///D:\KERJAAN\TK\PROPOSAL%20TBM%201.docx>
BAB III
DESKRIPSI KEGIATAN
- PENGADAAN SARANA DAN BUKU
Pengadaan sarana dan Buku-buku bacaan atau
referensi merupakan kegiatan yang cukup rumit, mengingat cakupanapa saja yang
digemari oleh calon pembaca dan dan manfaat apa saja yang akan kita dapatkan
dengan pemilihan bahan bacaan tersebut.
Berkaca dari hal tersebut diatas diambil langkah
sebagai berikut :
Pertama melihat daftar pinjaman buku-buku yang
telah dipinjam, selanjutnya menentukan buku-buku yang rating peminjamannya
paling sering.
Kemudian merangking dan mendaftar buku-buku yang
paling sering dibaca. Langkah selanjutnya menentukan selajutnya mu;lai
pengadaan buku-buku tersebut dengan kategori yang sama hanya dengan judul yang
berbeda. Sehingga akan kita temui semakin bertambah khasanah dan jumlah koleksi
buku yang ada di Taman Bacaan Masyarakat Anugerah.
- PENGADAAN KEGIATAN LOMBA DALAM PEMBUDAYAAN
Kegiatan yang bersifat pendidikan dan penambahan
ilmu yang dikemas dalam sebuah hiburan kompetitif adalah prinsip yang akan
dilakukan dalan kegiatan ini.
Seperti lomba mewarnai PAUD, ini adalah
perwujudan pendidikan karakter dengan mengedepankan tema yang berkaitan dengan
lingkungan setempat serta potensi yang akan ditanamkan kepada peserta.
Kemudian
lomba memasak Bapak Anak adalah sebuah lomba yang bahan serta caranya haruslah
diperoleh dari hasil membaca di Taman Bacaan
Pasted
from <file:///D:\KERJAAN\TK\PROPOSAL%20TBM%201.docx>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar